Home ADVERTORIAL Program SEMATA Wako Hendri Septa Bantu Bedah Rumah Seorang Buruh Harian Lepas...

Program SEMATA Wako Hendri Septa Bantu Bedah Rumah Seorang Buruh Harian Lepas di Gunung Pangilun

49
0
SHARE

Padang, TS.Com – Dari tatapan matanya terlihat jelas seperti penuh dengan sejuta persoalan kehidupan yang dialaminya saat ini.

Namun Peri Andi, pria paruh baya berusia 47 tahun itu masih mencoba untuk tetap tegar, demi melanjutkan hidup bersama sang istri Maiyunis (44) dan dua orang buah hatinya.

Dikarenakan keterbatasan ekonomi ia pun tak memiliki pilihan lain selain tetap tinggal di sebuah gubuk di daerah Jl. Ambun Bulan Ujung RT 01 RW 10, Kelurahan Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara.

Selasa (11/4/2023) sore, mereka mendadak didatangi Wali Kota Padang Hendri Septa dan rombongan. Kedatangan sang Wali Kota ternyata akan membantu keluarga kurang mampu tersebut melalui program Semalam di Rumah Wali Kota (SEMATA).

Melalui program sosial yang diinisiasi Wali Kota Padang setiap Ramadan dan sekarang memasuki jilid 3 (tiga) ini, tak hanya akan membedah rumah tak layak huni menjadi layak huni didukung Baznas Kota Padang, keluarga yang terpilih juga diboyong untuk menginap seharian di kediaman Wali Kota. Mereka pun berbuka puasa hingga esoknya sahur bersama Wali Kota beserta istri dan keluarga.

Di tengah perjalanan menuju rumah Wali Kota, mereka juga dibawa berbelanja pakaian, sepatu dan kebutuhan lainnya ke sebuah pusat perbelanjaan di Kota Padang.

“Kita sangat bahagia dan terasa seperti mimpi bisa mendapatkan bantuan ini. Terima kasih Pak Wali, Baznas Kota Padang dan bapak ibu semua pihak yang telah membantu kami. Hanya Allah SWT-lah yang bisa membalasi kebaikan bapak ibu semua,” ucap Peri Andi bersama sang istri dengan nada sedih bercampur haru di wajahnya.

Sewaktu ditanyakan aktifitasnya sehari-hari Peri Andi menyebut ia bekerja hanya sebagai buruh harian lepas.

“Saya tak menentu kapan bekerja, kadang bertukang diajak teman kadang tak ada sama sekali. Sedangkan istri saya hanya ibu rumah tangga,” tuturnya.

Sementara pada kesempatan itu Wali Kota Padang Hendri Septa mengaku bersyukur kembali melanjutkan program SEMATA jilid tiga di masa kepemimpinannya. Sebagaimana kali ini bagi keluarga yang ke sembilan di bulan Ramadan 1444 H.

“Untuk Ramadan tahun ini kita menyasar sebanyak 11 keluarga dari 11 kecamatan se-Kota Padang. Satu kecamatan satu keluarga yang kita bantu,” terang Wako di sela penjemputan.

Dalam kesempatan tersebut terlihat hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi beserta sejumlah pimpinan OPD, Camat Padang Utara Pagara Anas dan Lurah se-Kecamatan Padang Utara

Selain itu juga terlihat Ketua Baznas Kota Padang Yuspardi bersama para Wakil Ketua dan elemen terkait lainnya.

Menurut Wako Padang lagi, dalam upaya membedah rumah tak layak huni di Kota Padang memang tidak cukup lewat program SEMATA atau dari Pemko Padang saja.

Hal itu dikarenakan, berdasarkan data jumlah rumah  tak layak huni saat ini di Kota Padang terbilang cukup banyak, lebih kurang mencapai 21 ribu kepala keluarga (KK).

“Kita juga berharap program SEMATA ini mampu mengetuk banyak pintu hati lainnya untuk bisa saling peduli pada warga yang membutuhkan bantuan di kota ini. Semoga dengan kebersamaan upaya tersebut dapat berjalan lebih optimal lagi dan semakin banyak jumlah warga kurang mampu di Kota Padang yang terbantu,” ujar orang nomor satu di Kota Padang tersebut.

Setiba di Palanta Rumah Dinas Wali Kota, keluarga yang mendapatkan bantuan program SEMATA itu disambut hangat oleh Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa.

LEAVE A REPLY