Home BERITA TERBARU Pemkab Dharmasraya Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

Pemkab Dharmasraya Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

18
0
SHARE

Dharmasraya, TS.Com – Pemkab Dharmasraya mengelar upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Dharmasraya pada hari Sabtu, (01/06/24).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang diwakili oleh Sekda Dharmasraya, Adlisman.

Acara ini dihadiri oleh Pimpinan DPRD Dharmsraya, Kapolresm Dandim 0310/SSD, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri Pulau Punjung, Ketua Pengadilan Agama, Kalapas Kelas III Dharmasraya, Ketua MUI, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, mahasiswa, ASN, TNI/Polri dan peserta upacara lainnya yang hadir.

Dalam sambutan Sekda, yang membacakan sambutan Kepala Badan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi mengatakan bahwa dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Pancasila, hari ketika Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan. Bapak pendiri bangsa pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan siding Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

“Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa. Dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” kata Sekda.

Oleh karena itu, patut disyukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk. Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa, agar sesuai dengan cita-cita pendiri negara. Keberadaan pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

Di dalam pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhineka Tunggal Ika”.

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa dimana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” Sebut Sekda Adlisman.

“Saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah pancasila, melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni” ungkap Adlisman.

Sejarah Hari Lahir Pancasila

Pada 1 Juni 1945, Ir. Soekarno menyampaikan pidato yang mengusulkan dasar negara Indonesia merdeka dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Dalam pidatonya, Soekarno memperkenalkan lima asas, antara lain Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme atau Perikemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, dan Ketuhanan yang Maha Esa.

Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) menggelar sidang dan mengesahkan UUD 1945, tepatnya pada 18 Agustus 1945. (**)

LEAVE A REPLY