Home BERITA TERBARU Ajang Kreativitas dan Inovasi, Pameran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMPN 1...

Ajang Kreativitas dan Inovasi, Pameran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMPN 1 Sitiung Dapatkan Banyak Apresiasi

25
0
SHARE

Dharmasraya, TS,Com — UPT SMP Negeri 1 Sitiung sukses menyelenggarakan Pameran Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) untuk siswa kelas VII dan VIII. Acara ini dihadiri oleh Kabid PAUD Kabupaten Dharmasraya, Sutan Jamarin, S.Pd, yang memberikan apresiasi tinggi atas inisiatif tersebut.

Pameran ini menampilkan karya-karya inovatif siswa dalam bidang kewirausahaan, kehidupan berkelanjutan, dan kearifan lokal. Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan kewirausahaan dan semangat berinovasi di kalangan siswa, sekaligus mengajarkan mereka untuk lebih mencintai lingkungan. Salah satu contohnya adalah mendaur ulang sampah menjadi barang yang dapat dimanfaatkan kembali. Dalam tema kearifan lokal, siswa belajar tentang budaya Dharmasraya yang kaya akan nilai-nilai tradisional.

Kepala SMPN 1 Sitiung, M. Irsyad, M.Pd. yang diwakilkan oleh Wakil Kesiswaan, Kuntadi, S.Pd., menjelaskan bahwa P5 adalah upaya untuk mendorong tercapainya profil pelajar Pancasila dengan paradigma baru melalui pembelajaran berbasis proyek. “Dengan menjalankan P5, pendidik diharapkan dapat mendampingi proses pembelajaran peserta didik untuk menumbuhkan kapasitas dan membangun karakter luhur sesuai dengan profil pelajar Pancasila,” ujar Kuntadi.

Proyek ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter, serta belajar dari lingkungan sekitarnya. Dimensi profil pelajar Pancasila menunjukkan bahwa fokus tidak hanya pada kemampuan kognitif, tetapi juga pada sikap dan perilaku yang mencerminkan jati diri sebagai bangsa Indonesia dan warga dunia.

Kabid PAUD, Sutan Jamarin, S.Pd., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada SMPN 1 Sitiung atas pelaksanaan proyek ini. “Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema masakan dan kerajinan tradisional daerah bertujuan meningkatkan kreativitas siswa dalam bidang memasak dan kerajinan, sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kegiatan ini, diharapkan terbentuk kepribadian yang mengamalkan nilai-nilai Pancasila,” tutup Sutan Jamarin.

Kegiatan P5 ini juga merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka yang diterapkan di sekolah, memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan bermakna bagi siswa. (**)

LEAVE A REPLY